GELAR APLIKASI SIDEKA-NG, KECAMATAN SIGI KOTA DUKUNG PROGRAM "SMART VILLAGE"

  • Apr 06, 2023
  • Administrator

Gelar Aplikasi SIDEKA-NG, Kecamatan Sigi Kota Dukung Program "Smart Village"

 

SIGI - Sebanyak 10 desa di Kecamatan Sigi Kota, Kabupaten Sigi mengikuti bimbingan teknis pengelolaan website desa melalui Aplikasi SIDEKA-NG (Sistem Informasi desa dan Kawasan – New Generation). Kegiatan ini digelar di Kantor Kecamaran Sigi Kota, Kamis 06 April 2023.

 

Camat Sigi Kota, Ajusiar Muhammad Amin mengatakan, Aplikasi SIDEKA-NG merupakan aplikasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik Nasional yang diperuntukan bagi pemerintah desa/kelurahan. Aplikasi ini, kata dia, bertujuan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem.

 

“Ini untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yan bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya,” sebut Ajusiar saat memberikan sambutan.

 

Aplikasi SIDEKA-NG ini, kata Ajusiar, untuk membantu pemerintah desa dan kecamatan agar memiliki kemampuan untuk memberikan informasi kepada masyarakatnya. Tidak hanya itu, melalui aplikasi ini juga pemdes bisa mengelola berita dan kegiatan yang ada di wilayahnya masing–masing dan disebarkan secara luas melalui sebuah website.

 

”Saya berharap aplikasi ini dapat dimaksimalkan pihak desa sebagai wadah informasi digital kepada masyarakat. Kemudian rekan-rekan operator desa juga sudah mampu mengoperasikan aplikasi dengan maksimal, sehingga kedepan kita bisa mewujudkan program "Smart Village” atau desa pintar di wilayah Kecamatan Sigi Kota". tutupnya.

 

Sistem Informasi Desa dan Kawasan New Generation (SIDEKA-NG)

 

Sideka-NG atau Sistem Informasi Desan dan Kawasan New Generation adalah aplikasi umum yang disediakan pemerintah Indonesia.

 

Tujuannya, untuk menunjang layanan dan informasi publik di tingkat pemerintah desa maupun kelurahan. 

 

Sideka-NG dikelola secara kolaboratif. Admin pusat dipegang oleh Kementerian Kominfo. Lalu admin wilayah dipegang oleh Dinas Komunikasi dan Informatika di masing-masing kabupaten. Sedangkan di tingkat desa, disebut admin desa atau pelaksana layanan.  

 

Dalam aplikasi Sideka-NG, terdapat tiga aplikasi utama, antara lain: Pertama, Layanan Desa yang dapat diakses di layanan.desa.id. Kedua, Website Desa yang dapat diakses di website.desa.id. Ketiga, Bank Sampah yang dapat diakses di banksampah.layanan.go.id.

 

Dikutip dari E-Govenmen Indonesia, kehadiran Sideka-NG ini adalah implementasi dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Selain itu, landasan hukum aplikasi ini berdasarkan Perpres Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.